Manfaat Irigasi sebagai Sumber Pengairan dalam Dunia Pertanian

Kategori │Berita Umum

Bila kita mendengar kata sumber daya air, hal pertama yang terbersit dalam pikiran adalah pertanian, bagaimana tidak didalam dunia pertanian tidak akan bisa terlepas dari yang namanya pengairan, di mana membutuhkan banyak sambungan pipa air. Tanpa ada pengairan yang cukup, maka semua tanaman tidak akan tumbuh dengan baik, oleh sebab itu, para petani haruslah memiliki ketersediaan sumber daya air yang cukup untuk kebutuhan irigasi.

Irigasi berfungsi untuk mengalirkan air menuju lahan-lahan persawahan, air yang biasa dialirkan ke persawahan berasal dari sungai, danau, bendungan, atau sumber air lainnya. cara membuat iirigasi atau pengairan yang ditujukan ke sawah-sawah itu cukup mudah loh, salah satunya yang paling sederhana adalah dengan cara membuat jalan sebagai jalur untuk aliran air bentuknya hampir sama dengan parit hanya saja sedikit lebih besar, jalan tersebut diarahkan dari sungai ke lahan persawahan.

Irigasi Sawah




Untuk cara pengairan yang lebih modern adalah dengan cara membuat irigasi pancaran cara kerja dari jenis irigasi ini adalah dengan cara menyalurkan aliran air dari sumber daya air ke lahan persawahan dengan menggunakan pompa air dan pipa pvc, kemudian pada ujung pipa tersebut dipasangi alat sambungan pipa tekanan tinggi, sehingga air yang dikeluarkannya seperti pancaran air hujan yang menyebar ke setiap lahan persawahan.

Irigasi pancaran ini selain digunkaan untuk pengairan, tetapi juga bisa digunakan untuk proses pemupukan, untuk cara kerjanya sama seperti pada prose pegairan. Irigasi pancaran ini sudah banyak diaplikasikan oleh negara negara maju, seperti Australia, Amerika Serikat, New Zaeland, dan semoga Indonesia juga bisa segera menggunakan sistem irigasi ini ya, supaya pertanian di Indonesia semakin berkembang dan maju.

Tabung Pipa Air Irigasi




Ada juga jenis irigasi dengan sistem pengairan dibawah permukaan tanah, yaitu dengan cara memasukkan atau meresapkan air ke dalam tanah atau lebih tepatnya pada bagian dibawah akar tanaman dengan menggunakan pipa.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari pemasangan irigasi selain untuk memneuhi kebutuhan sumber daya air pada saat musim kemarau, tetapi juga untuk meningkatkan produksi tanaman karena semua tanaman tumbuh dengan subur dan menghasilkan kualitas terbaik, maka nilai jualnya pun akan meningkat. Dan dengan adanya irigasi ini semua masayarakat terutama para petani tidak lagi mengalami kerugian akibat kekurangan sumber daya air.

Demikian itulah informasi mengenai manfaat irigasi sebagai sumber pengairan dalam dunia pertanian, semoga bermanfaat dan terimakasih.