Manfaat Irigasi sebagai Sumber Pengairan dalam Dunia Pertanian

Kategori │Berita Umum

Bila kita mendengar kata sumber daya air, hal pertama yang terbersit dalam pikiran adalah pertanian, bagaimana tidak didalam dunia pertanian tidak akan bisa terlepas dari yang namanya pengairan, di mana membutuhkan banyak sambungan pipa air. Tanpa ada pengairan yang cukup, maka semua tanaman tidak akan tumbuh dengan baik, oleh sebab itu, para petani haruslah memiliki ketersediaan sumber daya air yang cukup untuk kebutuhan irigasi.

Irigasi berfungsi untuk mengalirkan air menuju lahan-lahan persawahan, air yang biasa dialirkan ke persawahan berasal dari sungai, danau, bendungan, atau sumber air lainnya. cara membuat iirigasi atau pengairan yang ditujukan ke sawah-sawah itu cukup mudah loh, salah satunya yang paling sederhana adalah dengan cara membuat jalan sebagai jalur untuk aliran air bentuknya hampir sama dengan parit hanya saja sedikit lebih besar, jalan tersebut diarahkan dari sungai ke lahan persawahan.

Irigasi Sawah




Untuk cara pengairan yang lebih modern adalah dengan cara membuat irigasi pancaran cara kerja dari jenis irigasi ini adalah dengan cara menyalurkan aliran air dari sumber daya air ke lahan persawahan dengan menggunakan pompa air dan pipa pvc, kemudian pada ujung pipa tersebut dipasangi alat sambungan pipa tekanan tinggi, sehingga air yang dikeluarkannya seperti pancaran air hujan yang menyebar ke setiap lahan persawahan.

Irigasi pancaran ini selain digunkaan untuk pengairan, tetapi juga bisa digunakan untuk proses pemupukan, untuk cara kerjanya sama seperti pada prose pegairan. Irigasi pancaran ini sudah banyak diaplikasikan oleh negara negara maju, seperti Australia, Amerika Serikat, New Zaeland, dan semoga Indonesia juga bisa segera menggunakan sistem irigasi ini ya, supaya pertanian di Indonesia semakin berkembang dan maju.

Tabung Pipa Air Irigasi




Ada juga jenis irigasi dengan sistem pengairan dibawah permukaan tanah, yaitu dengan cara memasukkan atau meresapkan air ke dalam tanah atau lebih tepatnya pada bagian dibawah akar tanaman dengan menggunakan pipa.

Keuntungan yang bisa kita dapatkan dari pemasangan irigasi selain untuk memneuhi kebutuhan sumber daya air pada saat musim kemarau, tetapi juga untuk meningkatkan produksi tanaman karena semua tanaman tumbuh dengan subur dan menghasilkan kualitas terbaik, maka nilai jualnya pun akan meningkat. Dan dengan adanya irigasi ini semua masayarakat terutama para petani tidak lagi mengalami kerugian akibat kekurangan sumber daya air.

Demikian itulah informasi mengenai manfaat irigasi sebagai sumber pengairan dalam dunia pertanian, semoga bermanfaat dan terimakasih.




  • Daftar 5 Mobil Pilihan Keluarga Indonesia Nyaman Murah dan Irit 2019

    Kategori │Otomotif

    Dengan kita memiliki uang hanya 100 jutaan sudah bisa mendapatkan sebuah mobil pilihan keluarga. Bahkan soal ini sudah banyak diberitakan oleh portal media berita otomotif setiap tahunnya. Urusan harga, dari tahun ke tahun harga mobil di Indonesia memang semakin menurun harganya, hal ini karena tak lepas dari program Low Cost Green Car (LCGC) yang mengharuskan setiap vendor untuk memasarkan mobil murah di Indonesia.

    Semakin banyaknya mobil murah di Indonesia yang sejenis City Car berbahan bakar irit, namun ada juga mobil yang dapat dijadikan sebuah mobil keluarga yakni MPV yang berasal dari Jepang. Nah, untuk itu untuk anda yang ingin berencana memilih mobil namun masih mengalami kesulitan dalam pilihan, dibawah ini admin rekomendasikan meliputi :

    1. Mitsubishi Xpander

    Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada ajang GIIAS ditahun 2017, mobil ini langsung menjadi idola para pecinta otomotif di Indonesia. Hal ini karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan varian terbaru dengan dibanderol dibawah 200 juta rupiah.

    Mitsubishi Xpander




    Dari segi desainnya pun mobil ini lebih keren jika dibandingkan dengan Xenia ataupun Avanza yang selama ini menjadi julukan mobil sejuta umat. Performanya juga tak kalah tangguh serta lebih dilengkapi beberapa fitur canggih, mobil ini memiliki 3 baris kursi untuk menampung 6 hingga tujuh penumpang.

    2. Honda BRV

    Mobil kedua yakni Honda BRV yang dapat menjadikan pilihan untuk mobil keluarga anda. Mobil yang berkapasitas 6 hingga 7 penumpang ini cocok untuk anda sekeluarga. Tidak hanya itu saja dengan kabin yang luas dapat membuat anda nyaman saat berkendara.

    Honda BRV




    Selain itu, mobil ini irit bahan bakar pasalnya berkat mesin SOHC yang berkapasitas 1.497cc dan dilengkapi teknologi i-VTEC dan PGM-FI. Untuk harganya sendiri masih dapat dijangkau oleh para konsumen Indonesia yakni sekitar 233 jutaan hingga 268 jutaan.

    3. Toyota Veloz

    Toyota Avanza (mobil sejuta umat) mobil ini masih menjadi pilihan utama untuk anda beserta keluarga hal ini karena terjangkau, nyaman dan irit. Tapi mobil ini terlalu mainstream, karena banyaknya yang telah memakai Avanza. Untuk itu admin sarankan Toyota Veloz facelift yang di bandrol sekitar 213 jutaan di Indonesia. Namun sebelum membeli Toyota Avanza Veloz terbaru, pastikan paham dulu pengertian tentang facelift.

    Toyota Avanza Veloz 2019




    Desain Toyota Veloz 2019 kali ini tampil lebih sporty dan lebih berkarakter dibandingkan Avanza. Namun untuk mesinnnya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.329cc yang dilengkapi teknologi Dual VVT-i, agar semakin irit dan responsif.

    4. Toyota Sienta

    Yang keempat adalah Toyota Sienta yang bisa menjadikan pilihan untuk anda, mobil ini menawarkan harga 230 Jutaan Rupiah dan dengan desain yang modern akan terlihat unik serta berbeda dengan mobil sekelasnya. Selain itu juga, mobil ini memilih pintu sliding door yang dapat mempermudah akses keluar masuk penumpang.

    Toyota Sienta




    Mesin yang mengusung dengan kekuatan In-line 4 Silinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i ini sanggup mengeluarkan tenaga 107 PS dan tosi 14.3 kgm. Meskipun mobil ini bertenaga namun tetap irit bahan bakar.

    5. Toyota Calya

    Yang terakhir yakni Toyota Calya, mobil yang menawarkan harga 135 Jutaan sampai 147 Jutaan di pasaran Indonesia dapat menjadi solusi terbaik selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun juga irit bahan bakar.





    Mesin berkapasitas 1.197cc mampu mengeluarkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 rpm. Mesin 4 silinder tersebut sangatlah irit pasalnya disupport dengan teknologi Dual VVT-i. Mobil ini dapat menampung 6 orang dan dihadirkan dengan headrest pada setiap baris kursi yang dapat membuat penggunanya nyaman dan lega.

    Akhir kata, itulah beberapa mobil pilihan keluarga Indonesia 2019 ini yang dapat menjadikan solusi untuk anda. Bagaimana tertarik untuk membeli disalah satu mobil dari rangkuman diatas? Temukan informasi seputar berita otomotif terbaru dalam rubrik OTONews di Pitstop.Otopedia.com.




  • Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengambil Produk Asuransi

    Kategori │Ekonomi

    Memang semakin tinggi kesadaran masyarakat mengenai pentingnya asuransi. Hal ini disebabkan semakin masif penyebaran informasi produk asuransi. Tidak hanya iklan TV saja yang menyajikan informasi tersebut. Informasi dari mulut ke mulut pun membuat orang akhirnya tahu pentingnya asuransi.

    Meskipun demikian, angka orang yang mengambil premi asuransi masih sangat rendah. Hal ini disebabkan mereka merasa tidak begitu butuh atau tidak mampu untuk menganggarkan sejumlah dana untuk membayar premi asuransi.

    Itu alasan yang sangat klise, sebenarnya. Namun, ada titik di mana seseorang seharusnya harus meyakinkan dirinya sendiri bahwa mengambil salah satu produk asuransi itu sangat penting. Kapan waktu seseorang sebaiknya segera mengambil asuransi?

    Sudah Tidak di Usia Produktif

    Saat masih dalam usia produktif, mungkin seseorang sama sekali tidak merasa khawatir. Mereka jarang sakit karena masih dalam usia muda. Kalaupun sakit, mereka bisa membiayai pengobatan sendiri.

    Sudah Tidak di Usia Produktif




    Bagaimana jika sudah tidak lagi berada di usia produkif? Ini menjadi masalah tersendiri. Maka dari itu, seharusnya 10 tahun sebelum menginjak usia tidak produktif, seseorang sudah mengambil asuransi, terutama asuransi kesehatan.

    Kondisi Ekonomi Stagnan Atau Bahkan Turun

    Lho, saat ekonomi stagnan atau turun kok malah ambil asuransi? Bukannya justru menjadi pengeluaran lebih banyak?

    Kondisi Ekonomi




    Mindsetnya tidak seperti itu. Bayangkan Anda sudah punya penghasilan. Akan tetapi, dalam beberapa bulan atau bahkan satu tahun terakhir, penghasilan Anda stagnan atau bahkan turun. Itu artinya Anda harus mempersiapkan diri untuk hal terburuk. Jangan sampai kondisi ekonomi Anda semakin terpuruk sehingga justru pada suatu ketika Anda akan semakin terbebani ketika sakit.

    Ini semacam warning agar Anda bersiap-siap. Dan cara bersiap-siap yang paling tepat adalah dengan mengambil premi asuransi kesehatan atau asuransi jiwa.

    Penghasilan Meningkat Tajam

    Pendapatan Gaji Meningkat




    Ini berkebalikan dengan sebelumnya. Jika Anda punya penghasilan lebih, justru saat inilah segera Anda ambil asuransi, entah itu asuransi jiwa, kesehatan, atau yang lainnya, tergantung kebutuhan. Karena bisa saja ini sebagai pertanda bahwa ini adalah puncak kejayaan Anda. Dan tidak mungkin Anda selalu berada di puncak, kan? Pasti ada waktunya Anda akan turun. Untuk itu, Anda persiapkan diri Anda dengan cara mengambil asuransi.

    Selanjutnya, silakan Anda cari informasi produk asuransi yang sebenarnya Anda butuhkan. Karena tidak semua produk asuransi itu harus Anda miliki.




  • 4 Makanan untuk Kembalikan Energimu Yang Hilang

    Kategori │Kuliner

    Bicara kuliner kali ini membahas tentang rekomendasi makanan-makanan yang akan membantu mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Padatnya kegiatan harian, khususnya yang tidak sedikit melibatkan fisik badan, pastinya bakal menguras banyak energi. Energi yg terkuras diwaktu bekerja bisa menciptakan badan jadi lelah dan tidak bertenaga. Kalau telah dalam keadaan lelah kronis, tak sedikit orang yang dapat mengambil atau mengkonsumsi minuman berenergi untuk mengatasi masalah tersebut. Walau minuman berenergi bisa mengurangi rasa lelah dan menciptakan badan menjadi bertenaga kembali, tapi minuman seperti ini buruk buat dikonsumsi terus-menerus, dan sanggup berdampak tidak baik bagi badan buat jangka panjangnya. Alih-alih konsumsi minuman berenergi, tambah baik bila kita mengkonsumsi makanan-makanan sehat tertentu untuk mengatasi rasa lelah yang mendera.

    Ada banyak makanan sehat yang mampu mempermudah meningkatkan energi dan menciptakan badan kita menjadi lebih bertenaga kembali. Sekian Banyak makanan tersebut yaitu :

    1. Kacang Almond

    Kacang Almond



    Kacang almond adalah salah satu makanan yang cocok buat kamu yang ingin meningkatkan energi dan menjaga badan agar tetap konsisten bertenaga dalam tempo yang lama. Aspek ini berkat kombinasi antara protein nabati & lemak sehat di dalam kacang almond yang akan menolong menstabilkan gula darah (salah satu penyebab menurunnya energi).

    2. Ikan Salmon

    Broiled Salmon



    Asam lemak Omega-3 dalam ikan salmon ini mensupport kesehatan pada sel-sel otak & saraf, dan juga akan mengurangi terjadinya “kabut mental”, kurang fokus, atau masalah kognitif yang lain yang bakal disebabkan oleh kelelahan. Kalau kamu kesusahan buat menemukan ikan salmon, juga sebagai gantinya kamu juga mampu mengkonsumsi ikan tuna.

    3. Buah Citrus

    Buah Citrus




    Golongan buah citrus seperti jeruk dan grapefruits juga akan menolong meningkatkan energi badan kamu dengan baik. Kandungan vitamin C-nya yang tinggi bakal meningkatkan jumlah oksigen yang beredar di otak, dan mampu menciptakan orang yang mengonsumsinya menjadi segar kembali & lebih berenergi.

    4. Alpukat

    Minuman dari Alpukat




    Diantara tidak sedikit nutrisi mutlak yang terkandung di dalamnya, buah alpukat pun mengandung Vitamin-B kompleks. Vitamin ini amat utama dalam menolong meningkatkan energi. Mengonsumsinya dengan cara teratur, lebih-lebih sebelum bekerja, bakal menciptakan energi badan kamu terjaga dengan baik sampai siang hari. Kamu mampu mengonsumsinya dalam bentu jus, atau dapat ditambahkan terhadap makanan seperti salad atau yang lainnya.

    Jika Anda disuruh untuk memilih, mana yang akan dipilih?