Pentingnya Mengucapkan Terimakasih

Kategori

Apa yang kamu katakan setelah menerima sesuatu dari seseorang? Secara umum, ucapan “terimakasih” menjadi kata yang paling pertama diucapkan. Benar tidak? Yah, mungkin untuk kamu yang sudah di didik sejak kecil untuk mengucapkan terimakasih setuju dengan pernyataan di atas. Akan tetapi, kenyataannya sekarang tidak banyak yang seperti itu loh. Yap, ucapan terimakasih itu sekarang mulai dianggap kecil dan tidak berarti. Aku sendiri sering banget menemukan orang yang pergi begitu saja setelah menerima bantuan, tanpa mengucapkan terimakasih. Padahal, terkadang bantuan yang diterima tidaklah kecil.Pentingnya Mengucapkan Terimakasih

Memang, hal ini terlihat lebih sederhana dibandingkan dengan memberikan voucher belanja sodexo untuk belanja di merchant sodexo, namun sebenarnya ucapan terimakasih ini justru sangat bermakna. Jadi, apa saja sih makna atau pentingnya mengucapkan terimakasi? Berikut ini adalah penjelasannya.
Semua orang pasti pernah dong menolong orang melakukan suatu pekerjaan, baik dalam skala kecil atau besar. Nah, misalnya saja kamu ada dalam posisi orang yang menolong, dan pekerjaan yang kamu lakukan bukanlah pekerjaan yang kecil atau mudah. Kamu harus mengeluarkan usaha yang cukup keras untuk menyelesaikannya, baik dari segi tenaga, waktu, dan materi. Kemudian, setelah pekerjaanmu tersebut berhasil kamu selesaikan, orang tersebut hanya melihat atau memeriksanya, dan pergi begitu saja tanpa mengucapkan terima kasih. Bagaimana perasaanmu saat itu? Mungkin, jika kamu adalah seorang karyawan dan pekerjaan ini termasuk dalam job desc kamu tidak akan menganggapnya masalah besar. Toh itu kan sudah tanggung jawabmu. Akan tetapi, jika pekerjaan tersebut di luar dari tanggung jawabmu? Pasti kamu ingin dong dihargai, meskipun hanya dengan ucapan singkat. Setidaknya, kamu akan merasa bahwa hasil kerjamu dihargai dan dapat bermanfaat bagi orang yang kamu tolong.
Jika kamu adalah orang yang penyabar, mungkin kamu akan berpikir positif dari sikapnya yang terkesan tidak menghargai usahamu. “Ah, mungkin dia sedang sibuk. Mungkin sedang terburu-buru. Mungkin sedang ada urusan mendesak lain”. Hal seperti itulah yang mungkin akan kamu pikirkan. Akan tetapi, tidak semua orang bisa berpikir positif loh. Nah inilah yang berbahaya, bagi seseorang yang meminta tolong. Misalnya kamu sudah melakukan banyak pengorbanan untuk menolong orang tersebut, tapi sama sekali tidak dihargai. Kamu pasti merasa kesal kan? Bisa jadi, kamu akan marah atau membuat kekacauan karena masalah ini. Terlebih lagi jika kamu termasuk kategori orang yang kasar dan senang menyelesaikan masalah dengan kekerasan, tidak menutup kemungkinan kamu akan menyelesaikan masalah ini dengan kekerasan juga.
Nah, kebayang kan bahayanya? Jadi, manfaat dari mengucapkan terima kasih ini bisa kita simpulkan yaitu:
•Pihak penolong merasa dihargai
•Memotivasi
•Menghindari konflik
Jadi, yuk mulai biasakan untuk mengucapkan terima kasih.

Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Pentingnya Mengucapkan Terimakasih
    Komentar(0)